Thursday, April 20, 2006

Purpose Driven Life, 5th Day

Memandang Kehidupan Dari Sudut Pandang Allah

Bagaimana kita memandang kehidupan, akan mempengaruhi cara kita memanfaatkan waktu, membelanjakan uang, memakai talenta, dan menilai hubungan-hubungan kita. Alkitab memberikan tiga metafora yang mengajarkan bagaimana pandangan Allah tentang kehidupan, yang merupakan dasar dari kehidupan yang memiliki tujuan.

1. Kehidupan di bumi adalah sebuah Ujian. Allah menguji iman kita melalui masalah-masalah, menguji pengharapan kita melalui cara kita menangani harta, dan menguji kasih kita melalui orang-orang. Ujian yang terpenting adalah bagaimana kita bertindak ketika kita tidak bisa merasakan kehadiran Allah dalam kehidupan kita. Ketika memahami bahwa kehidupan adalah ujian, maka tidak ada hal yang tidak penting dalam kehidupan ini. Tiap hari, bahkan tiap detik, adalah penting untuk bertumbuh baik untuk memperdalam karakter kita, untuk menunjukkan kasih, dan untuk bergantung pada Allah. Kabar baiknya, Allah ingin kita lulus dalam ujian-ujian kehidupan itu, dan Allah tidak akan membiarkan ujian yang kita alami melampaui kekuatan kita.
2. Kehidupan di bumi adalah sebuah Kepercayaan. Waktu, tenaga, kepandaian, kesempatan, hubungan dan kekayaan kita, adalah pemberian Allah yang telah Dia percayakan dalam pemeliharaan dan pengelolaan kita. Allah meminjamkan bumi kepada kita pada waktu kita masih di sini, dan Allah akan meminjamkannya kepada orang lain setelah kita meninggal. Semua yang kita miliki di bumi hanya sementara. Karena Allah yang memilikinya, kita harus memeliharanya sebaik mungkin. Kita harus menunjukkan bahwa kita dapat dipercayai. Makin banyak Allah memberi pada kita, makin besar tanggung jawab yang Allah harapkan dari kita. Pada akhir kehidupan kita, kita akan dievaluasi dan diberi upah sesuai dengan seberapa baik kita telah mengurus apa yang telah Allah percayakan pada kita.

Akhir-akhir ini saya merasa ujian dari Allah lebih berat dari yang pernah saya terima. Dan catatan harian ini akan terus mengingatkan saya tentang kasih Allah.

No comments: